Hijab Corner ID Blog: Sekilas Tentang Teknik Mewarnai Kain Tiedye atau Jumputan

Sekilas Tentang Teknik Mewarnai Kain Tiedye atau Jumputan

By | 00.39 Leave a Comment
Banyak Orang-orang mengira bahwa Tiedye adalah teknik mewarnai kain yang diciptakan oleh Kaum Hippies dari Amerika ketika tahun 1960 an menentang Perang yang sedang dilakukan Amerika di Vietnam dan Negara lainnya. Padahal jika ditelusuri melalui sejarah negeri ini, pada Prasasti Sima yang dibuat pada Abad 10, menunjukkan bahwa di Indonesia telah berkembang dengan pesat kain dengan pola mirip seperti pola tiedye ini.


Di Indonesia, masyarakat banyak mengenal dengan berbagai sebutan untuk teknik pewarnaan ala tiedye ini. Di Palembang, masyarakatnya menyebut kain ini dengan istilah Pelangi, sedangkan di Jawa, orang menyebutnya Tritik. Lain lagi dengan Saudara kita di Banjarmasin, yang menyebut nya Sasirangan. Dan over all, kebannyakan Masyarakat kita menyebutnya dengan Jumputan atau Ikat.

Pada prinsipnya Jumputan ialah teknik membuat pola dengan mengikat kain pada beberapa bagian yang sebelumnya dicelup pada zat warna. Untuk itu Jumputan banyak juga dikenal dengan teknik celup ikat. Secara prinsip teknik ini hampir sama dengan Teknik Batik. Ketika membatik, bagian yang tertutup oleh malam (lilin) waktu dicelupkan  ke dalam bahan warna tidak akan terkena warna. Nah, sedangkan di proses jumputan, fungsi malam atau lilin diganti dengan ikatan tali pada kain sebelum dicelupkan, sehingga membuat jumputan menjadi lebih mudah dan murah jika dibandingkan dengan Batik.

Teknik celup ikat atau Jumputan ini sebenarnya dapat diterapkan pada kebanyakan kain, namun untuk membuat hasil yang Maksimal, maka Kain yang berbahan Katun, menjadi bahan yang terbaik untuk di aplikasikan pada teknik ini . Ada banyak cara yang dapat dikembangkan dari teknik celup ikat ini untuk mendapatkan efek hasil akhir yang berbeda-beda. Efek yang berbeda-beda ini dapat dicapai antara lain dengan perbedaan cara melipat kain dan mengikatnya. Semakin bervariasi cara melipat dan mengikat kain yang dibuat produk, semakin bervariasi pula efek pola yang dihasilkan. Dalam hal ini ada hal yang penting untuk diketahui; bahwa dalam variasi cara melipat dan mengikat, anda hanya dapat memperkirakan efek yang akan dicapai, karena anda tidak dapat mengontrol hasil secara tepat dan pasti seperti yang diinginkan. Ini hal yang membuat Jumputan itu asyik. Kita akan bias memprediksi warnanya seperti apa, tapi kita tidak akan pernah bisa tahu persis coraknya akan seperti apa. Asyik Bukan!

Saat ini kain jumputan sudah berkembang dengan sangat pesat, dan banyak dipakai oleh para desainer untuk diaplikasikan dalam karya-karya mereka. Kita bisa dengan mudah mendapatkan bahwa kain jumputan sudah dalam bentuk  Baju Wanita atau Dress Busui Friendly, Gamis untuk Muslimah ber Hijab, celana jeans, kaos, dll

Ada beberapa tips yang patut diperhatikan, ketika mengerjakan proses jumputan ini. Yaitu :
Proses  Pencelupan Kain
1.    Konsep dan Setting lebih dulu bagian-bagian yang akan diwarnai dan mana yang  tidak diwarnai.
2.    Tentukan warna apa saja yang akan  digunakan.
3.    Sebelum mencelup ke dalam warna, gunakan  sarung tangan plastic.
4.    Celup bagian demi bagian kain yang telah diikat ke dalam cairan bahan warna yang telah disediakan.
5.    Sebaiknya dimulai  dari warna muda ke warna tua, karena kalau kita celup warna tua lebih dulu, maka kita tidak bias membuatnya muda kembali, kecuali sebaliknya.

Ketika proses pencelupan sudah selsai dilakukan, maka sekarang waktunya membuaka Ikatan.
Tipsnya adalah :
Bukalah  ikatan tali pada kain dengan hati-hati mengunakan  gunting kecil atau catter.
Buka lipatan kain sebelum kering, karena dalam keadaan kering lipatan akan sulit dibuka. Setelah dibuka, rapikan lipatan-lipatannya, kemudian angin- anginkan hingga kering. Karya seni kain yang  bepola sudah jadi dan menajubkan.
Berikut dibawah ini contoh produk Jumputan yang sudah jadi:

Cantik Bukan???

Baju Pelangi Model terkini harga Murah


Gamis Pelangi Gaya Trendi 2014
 
Gamis Keren Assimetric Dress


Dress Pelangi Busui Friendly

Dress Pelangi Busui Friendly
Anda juga bisa mendapatkan Produk-Produk Tiedye berkualitas lainnya di www.hijabcornerid.com
Posting Lebih Baru Beranda

0 komentar: